• gambar
  • gambar
  • 3
  • 4
  • 5

Selamat Datang di Website SD IRADA FULL DAY EDUCATION. Sekolah Multi Talenta dan Berkarakter. Terima Kasih atas Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SD IRADA FULL DAY EDUCATION

NPSN : 20566063

Jl.Topaz VII No.31-32 Graha Bunder Asri Kebomas - Gresik


info@sdirada.sch.id

TLP : 031-9910 0596


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 74413
Pengunjung : 37133
Hari ini : 28
Hits hari ini : 45
Member Online : 10
IP : 3.236.212.116
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Enaknya Punya Orangtua atau Keluarga yang Tidak Paham Internet




 
Internet sebagai salah satu kebutuhan masyarakat urban dewasa ini memang sudah tidak dapat dipungkiri. Besarnya pengaruh penggunaan internet banyak berperan dalam setiap lini sektor kehidupan masyarakat. Sehingga akan dianggap gaptek alias gagap teknologi, bila seseorang masih belum mampu menggunakan jaringan internet.

Tidak jarang saya temukan orang-orang yang kurang tinggi pendidikannya namun menjadi pengguna internet yang cukup baik. Bahkan dari kalangan peretas internet yang pernah saya kenal sebagian besar orang yang tidak memiliki titel sarjana di bangku perkuliahan. Artinya, kemampuan menggunakan dan menguasai layanan internet tidak mesti didasari oleh latar pendidikan seseorang.

Kali ini saya ingin membagikan sedikit tentang pengalaman memiliki orangtua yang tidak paham internet sama sekali. Bila saya membandingkan dengan teman-teman saya yang memiliki orangtua paham internet, saya kadang iri. 

Layanan internet tidak hanya membantu antarkeluarga dalam komunikasi lewat jejaring media sosial tapi juga membantu menemukan informasi apa saja.

 

Gambar dokumen pribadi
Gambar dokumen pribadi

 

Akan tetapi di balik kelebihannya, internet juga memiliki kekurangan dan membawa dampak buruk bagi penggunanya. Karena itu, di bawah ini saya tuliskan lima alasan enaknya punya orangtua atau keluarga yang tidak paham internet:

1.      Terhindar berita bohong (hoaks) dan provokasi
Meningkatnya arus penyebaran hoaks di kalangan masyarakat jelas diakibatkan tingginya penggunaan layanan internet. Bahkan penggunaan secara berlebihan cenderung membuat seseorang terjerumus ikut melakukan upaya provokasi dengan menyebarkan hoaks yang didapatkan. 

Memiliki orangtua yang tidak paham internet membuat Anda menjadi lebih tenang tanpa harus ikut membicarakan hoaks bersama orangtua.

2.      Mengurangi risiko perselingkuhan
Risiko perselingkuhan juga dapat datang dari penggunaan layanan internet. Orang-orang dapat menebar pesona kepada siapa saja lewat platform media sosial. Sehingga hasrat ketertarikan bisa muncul oleh siapa saja yang juga ikut menggunakan internet. Ini banyak dilakukan oleh kalangan remaja atau orang-orang yang memang mencari pasangan.

Maka beda pengaruhnya bila yang menggunakannya adalah yang sudah berumahtangga. Perselingkuhan bisa menjadi momok bagi mereka yang memiliki pasangan atau keluarga yang aktif bermain internet. Jadi bersyukurlah kalau orangtua Anda tidak paham internet karena bisa terhindar dari pengaruh godaan perselingkuhan melalui dunia maya.

3.      Menghemat anggaran rumah tangga
Selain memanfaatkan sambungan wifi gratis, menggunakan internet secara pribadi membutuhkan biaya untuk membeli paket data internet. Semakin sering seseorang menggunakan layanan internet yang digunakan setiap bulan, maka semakin besar pula pengeluaran biaya untuk membeli paket data internet.

 

 

Dengan kata lain, jika Anda punya orangtua yang tidak menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari, maka bersyukurlah. Sebab Anda tidak akan pernah mendengar keluhan tentang paket data internet mereka yang habis atau bermasalah.

4.      Menjaga produktivitas kerja
Meski layanan internet dapat meningkatkan produktivitas kerja dan mendukung suatu pekerjaaan, tapi penggunaan yang berlebihan atau tidak sesuai justru akan berakibat sebaliknya. Internet yang juga berfungsi sebagai media untuk mendapatkan hiburan seperti video, audio, atau game, bisa saja menimbulkan efek candu.

Efek candu pada hiburan yang disediakan internet tentu bisa mengurangi produktivitas kerja sesorang, bahkan lebih buruk lagi bisa membuat bermalas-malasan. Jadi memang lebih baik bila orangtua Anda tidak paham internet dan menunjukkan prilaku buruk karena kecanduan dengan internet.

5.      Lebih banyak waktu untuk kumpul bersama
Terakhir dan yang paling utama, Anda jadi bisa memiliki lebih banyak waktu berkualitas untuk kumpul bersama keluarga (family time). Kecanduan dunia internet salah satu efek buruknya dapat membuat seseorang jauh dari dunia sosial.

Bila itu terjadi pada salah satu anggota keluarga Anda, bukan tidak mungkin dia juga akan kehilangan banyak momen bersama keluarga karena terlalu menikmati internet. Terlebih bila itu terjadi pada orangtua Anda. Sebagai anak mungkin saja Anda akan merasa kurang mendapat perhatian dan kasihsayang. Maka sekali lagi, bersyukurlah bila orangtua Anda tidak peduli dengan apa yang ditawarkan internet.

Nah itu dia lima keuntungan bila Anda memiliki orangtua yang tidak paham internet. Terlepas dari apakah semua anggota keluarga Anda pengguna internet atau bukan, Anda juga perlu membatasi diri menggunakan internet secara berlebihan dan mulailah luangkan lebih banyak waktu untuk keluarga Anda.




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :

Pengirim : adqlofepijepu -  [mopija@dsghf.safffsmail.com]  Tanggal : 09/11/2020
http://mewkid.net/when-is-xuxlya2/ - Amoxicillin 500 Mg <a href="http://mewkid.net/when-is-xuxlya2/">Amoxicillin 500 Mg</a> gph.nmcr.sdirada.sch.id.ued.th http://mewkid.net/when-is-xuxlya2/


   Kembali ke Atas